Sabtu, 30 November 2013

Tari Saman Sukses Pukau Masyarakat Paris

Sekarang ini kalangan muda sudah tidak asing lagi dengan kata tari saman. Pelajar mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi sudah kenal tari tradisional yang berasal dari Aceh ini. Pada 3 Juni 2013 diadakan program budaya Sourire d’indonesie di London. Acara tersebut menampilkan tari saman yang berhasil memukau masyarakat paris yang memadati KBRI Paris.

Program ini adalah kegiatan keduakalinya yang digelar oleh Perhimpunan Pelajar Paris dan Perancis. Dikatakan oleh ketua panitia Sourire d’indonesie, Fadil. Hal ini membuat adanya interaksi budaya antara pelajar/mahasiswa dengan berbagai komunitas yang ada. Juga bermanfaat untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada khalayak secara luas.

Dalam acara ini ditampillan berbagai atraksi seni dan budaya Indonesia. Salah satunya adalah tari pendet, yang dimainkan oleh anak-anak sehingga mendapatkan perhatian para undangan.

Tari yang ditampilkan pada acara Sourire d’indonesie adalah tari janger, tari legong keraton, tari sparkling Surabaya, tari baris, pencak silat hingga alunan musik juga peragaan busana batik dan adat Indonesia.
Acara Sourire d’indonesie dirangkai dalam dua sesi yang menampilkan kekayaan seni-budaya Indonesia. Hal ini membuat para undangan menyaksikan hingga acara selesai dan mendapatkan cinderamata cantik yang berisi kerajinan tangan Indonesia.

Undangan yang antusias dengan pertunjukan Indonesia datang dari berbagai kalangan. Diantaranya mahasiswa asing yang sedang studi di Paris, perwakilan mahasiswa Paris, dan masyarakat yang tinggal di sekitar France.

Seorang mahasiswa asal Rumania, sangat bangga karena ia dipilih untuk menjadi model yang mengenakan baju tradisional. Ia sangat terpukau melihat tarian yang luar biasa. Hal ini membuatnya ingin berkunjung ke Indonesia.

source: www.antarasumbar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar